24 Mar 2012

DATA DAN STRUKTUR DATA

   Suatu struktur data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya. Pengertiannya : struktur data adalah kumpulan elemen data (mulai dari byte) yang ditentukan tipe datanya, diorganisasi (dibentuk, disusun, atau dikelompokkan) dan akan diproses sesuai dengan tipe datanya.

  Struktur data sangat penting dalam sistem komputer. Terhadap setiap variabel di dalam program, secara eksplisit ataupun implisit, didefinisikan struktur data yang akan menentukan operasi yang berlaku terhadap variabel tersebut.



Struktur data yang dibicarakan ini merupakan struktur data logika. Bukan penyajian secara fisik pada storage (memori komputer). Pada garis besarnya, data dapat kita kategorikan menjadi :
A. Tipe data sederhana atau data sederhana, yang terdiri atas :

       a.1. Data sederhana tunggal, misalnya integer, real, boolean, serta karakter
       a.2. Data sederhana majemuk, misalnya string.
Tipe data ini, dengan berbagai cara tertentu, dapat diorganisasikan menjadi berbagai struktur data.

B. Struktur data, meliputi :
      b.1. Struktur data sederhana, misalnya array dan record
      b.2. Struktur data majemuk, terdiri atas :
      b.2.1. Linear, misalnya stack, queue, serta linear linked list.
      b.2.2. Nonlinear, misalnya pohon binar (binary tree), pohon cari binar (binary search tree), pohon cari   
                 m-way (m-way search tree), general tree, serta graph.

    Kedua kategori di atas, terutama diperuntukkan bagi data di dalam storage utama.Data yang diperuntukkan bagi storage tambahan, mempunyai struktur data yang dikenal sebagai organisasi file. Tipe organisasi file di antaranya adalah organisasi sequential, organisasi relative, organisasi indexed sequential, dan organisasi multikey. 

        Dua buah struktur data sederhana adalah array atau larik, dan record. Array merupakan struktur data yang terurut dan homogen, terdiri dari item data (kumpulan byte yang membentuk satu kesatuan, misalkan kumpulan huruf yang membentuk nama) yang sama tipenya. Sedangkan record merupakan struktur data yang boleh terdiri atas serangkaian item data dengan berbagai tipe data di setiap item datanya.

       Struktur data dari tatanan yang lebih tinggi, terbentuk dari record, di sini termasuk daftar linear atau linear list (terutama antrean dan tumpukan), dan graph. Pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman, akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih sederhana.





DOWNLOAD MATERI LENGKAPNYA

Artikel Terkait:

Widget by [ Berbagi itu Indah ]

Next Prev home

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar