14 Mei 2014

Pengertian Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan, bagi orang-orang yang tidak berkecimpung di dunia komputer tentu mengartikan “Kecerdasan buatan”  yaitu kecerdasan yang dibuat oleh manusia. Memang betul, yaitu kecerdasan yang di muat oleh manusia, Tapi kecerdasan yang dibuat manusia yang seperti apa?

          Seperti halnya saya, mungkin bagi temen-temen yang baru masuk kuliah jurusan ilmu komputer (Teknik Informatika atau Sistem Informasi) masih belum begitu tahu, apa sih kecerdasaan buatan itu?

            Kecerdasan Buatan atau yang lebih di kenal dengan AI (Artificial Intelligence) menurut  H. A. Simon [1987] merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal dalam pandangan manusia yang cerdas. Lalu, menurut Rich and Knight [1991] AI merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Setelah membaca dan menelaah tentang pengertian AI menurut H. A. Simon [1987] serta Rich and Kinight [1991] di atas, kira-kira temen-temen sudah bisa menyimpulkan apa siee inti dari kecerdasan buatan itu?  Atau malah tambah bingung? hehehehe

Tapi inti dari AI sendiri, yaitu suatu program yang dibuat oleh manusia, sehingga program itu bisa menjalankan suatu aktifitas layaknya manusia. Kita bisa ambil contoh Robot, ada robot yang bisa berjalan sendiri, menyapu, mengangkat barang , menulis, dansa dll. Temen-temen tentu berfikir, kok robot bisa seperti itu? bagaimana caranya? Nah cara-cara yang digunakan untuk membuat robot itu bisa berjalan, menyapu ataupun mengangkat barang yaitu menggunakan sistem kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Contoh lagi yang menggunakan sistem AI yaitu game, mobil yang bisa berjalan sendiri dll

Artikel Terkait:

Widget by [ Berbagi itu Indah ]

Next Prev home