13 Mei 2014

Sony Patenkan Robot yg Bisa Mandi


Selain dikenal sebagai produsen elektronik kenamaan dunia, Sony juga kerap merancang robot pintar. Setelah mengajukan aplikasi paten lensa kamera yang dapat digunakan di tangan robot, perusahaan asal Jepang itu dilaporkan telah mengajukan paten robot terbaru.

Paten tersebut adalah robot yang dapat membersihkan dirinya sendiri (mandi) setiap kali tubuhnya terlihat kotor. Di sisi lain robot yang belum disebutkan namanya itu juga bisa membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika dilihat dari gambar paten di atas, robot besutan Sony tersebut tampak mirip dengan robot buatan produsen perangkat komputer NEC yang dijuluki Papero Robot. Robot ini dapat melakukan 200 macam kegiatan berbeda, seperti melakukan dialog yang sederhana dengan manusia.

Sementara itu salah satu robot populer ciptaan Sony adalah Aibo (Artificial Intelligence Robot). Aibo sendiri merupakan robot anjing pintar yang dapat melakukan gerakan yang diperintahkan pemiliknya, seperti menari, mengonggong, dan gerakan lain layaknya anjing sungguhan.

Berkat wireless technology yang dimilikinya, Aibo dapat berkomunikasi dengan alat-alat elektronik yang terhubung secara remote dengan komputer melalui internet atau perangkat mobile. Aibo bahkan dapat menerima perintah dari jarak jauh untuk mengambil foto bila di rumah Anda kedatangan tamu yang tak diundang.

Sony diketahui sudah mengeluarkan beberapa versi dari robot anjing yang berbasiskan AI (Artificial Intelligence) tersebut. Aibo juga sempat datang ke Indonesia dan dipamerkan di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta beberapa waktu yang lalu. 

sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2039772/sony-patenkan-robot-yang-bisa-mandi

Artikel Terkait:

Widget by [ Berbagi itu Indah ]

Next Prev home

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar