13 Mei 2014

SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN, PEMODELAN & DUKUNGAN

·         Menurut Herbert A. Simon, ada 2 tipe keputusan:
  1. Keputusan terprogram adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang-ulang, dan organisasi biasanya mengembangkan cara-cara tertentu untuk mengendalikannya. Contoh : menata barang dagangan di toko.
  1. Keputusan tidak terprogram adalah keputusan yang dikeluarkan hanya sekali dan biasanya tidak terstruktur dianding keputusan yang terprogram. Contoh : barang dagangan apa yang akan dijual.

·   Mengacu pada pemahaman diatas, maka Herbert A. Simon mengklasifikasikan masalah dalam tiga kategori yaitu:

  1. Structured Problem (Terstruktur), merupakan masalah yang rutin dan berulang, sehingga dalam pemecahannya dilakukan secara standar berdasarkan analisa kuantitatif. Disamping itu, masalah tersebutdapat dibuatkan alagoritma atau aturan yang memungkinkan masalah tersebutdapatdiidentifikasi dan dimengerti. Berdasarkan hasil identifikasi, maka dapat dibuatkan solusi alternatif dalam memecahkan masalah tersebut. Masalah ini dikenal sebagai masalah yang memiliki struktur tiga tahapan Simon.
  2. Unstructured problem (Tidak Terstruktur), Problem yang masih kabur dan cukup kompleks yang tidak ada solusi langsung bisa dipakai
  3. Semi structured problem (Semi Terstruktur), pada masalah ini merupakan penggabungan antara structured dan unstructured problem.  Unstuctured & Semi Structured perlu SPK untuk meningkatkan kualitas informasi, memberi beberapa alternatif solusi.
·    Menurut Simon ada 4  fase dalam pengambilan keputusan, dimana fase 1-3 merupakan dasar pengambilan keputusan, sedangkan pemecahan masalah adalah fase 1-4:

Download Materi Lengkap 








Artikel Terkait:

Widget by [ Berbagi itu Indah ]

Next Prev home

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar